Selasa, 02 Februari 2010

Belajar Bahasa Korea

Hanguk mal-o mal hapshida..
Mari berbicara dengan bahasa Korea....
Demikianlah yang aku lakukan setiap hari Selasa dan Kamis bersama temanku dr. Asti Shintawati dengan guru bahasa Korea yang langsung datang dari Korea Selatan. Guru istimewa tersebut adalah seorang perawat bernama Jeon Seon Young, yang biasa kami panggil Maria onni (kakak Maria). Maria adalah nama Indonesia yang diberikan kepada beliau selama tinggal di Indonesia kurang lebih 2 (dua) tahun. Keberadaan Maria onni di Indonesia dalam rangka menjadi tenaga volunteer yang ditempatkan di Puskesmas Margadana dan beliau telah berperan banyak salah satunya dengan Pilit Project Sistem Informasi Manajemen Puskesmas dengan pelayanan yang terintegrasi serta terkomputerisasi.
Selama di Kota Tegal, aku berperan sebagai pendamping yang telah ditunjuk secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan pada waktu itu yaitu Ny. Karmastuti, SKM pada September 2008. Sebagai pendamping yang baik, aku berusaha menjalankan peran dengan sebaik-baiknya dengan menjadi perantara, penghubung dan teman yang baik bagi Maria selama menjalankan tugasnya di sini.
Untuk tujuan itu pula, aku mengajak dr. Asti yang mempunyai minat terhadap budaya & bahasa Korea untuk bersama2 menemani beliau selama di Tegal dan ide pertama kami berdua adalah belajar bahasa Korea tujuan utamanya adalah supaya komunikasi & hubungan kami semakin akrab. Gayung bersambut karena Maria onni bersedia mengajari kami belajar bahasa Korea dan pada dasarnya Maria onni sangat baik serta mempunyai jiwa pendidik sehingga les berjalan cukup baik dari bulan Oktober 2008 sampai dengan sekarang.
Dalam seminggu, kita berjumpa sebanyak 2 (dua) kali, diisi dengan kegiatan belajar, makan2, guyonan dan tak lupa selalu kami diberi PR yang berkaitan dengan materi yang baru dipelajari.
Antusiasme aku dan dr. Asti dalam belajar sangat tinggi, walaupun sangat sulit tapi kami berdua selalu semangat dan berusaha keras belajar bahasa Korea. Disetiap kesempatan dalam berkomunikasi, baik secara langsung, sms ataupun telepon kami sering menggunakan bahasa Korea.
Maria onni yang baik hati, cantik dan pintar amat sangat kami sayangi dan cintai. Tutur katanya lembut dan sopan membuat kami menaruh hormat kepada beliau. Walaupun latar belakang suku, bangsa dan agama berbeda kami bertiga menjalin persahabatan yang teramat sangat indah dan akan kami simpan sepanjang hidup di dunia...

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda