Jumat, 29 Januari 2010

Pencanangan Kota Tegal Sehat 2010

1000 Balon.....1000 Harapan...

Hari ini, jum'at 29 Januari 2009 tepat jam 07.00 WIB seluruh warga masyarakat yang terdiri dari berbagai komponen tumpah ruah di alun2 Kota Tegal untuk mengikuti pencanangan Kota Tegal Sehat 2010 yang ditandai dengan pelepasan 1000 balon oleh bapak Walikota Tegal. Kemudian acara dilanjutkan dengan Senam Masal Jantung Sehat bersama-sama, tampak Bapak Walikota Tegal H. Ikmal Jaya & Ibu Hj. Rosalina, bpk wakil walikota KH. Habib Ali Zainil Abidin & ibu Zahrah. Tampak yang hadir SKPD di Kota Tegal, Sekertariat Kota Tegal, organisasi profesi, TNI/POLRI, SLTP/SLTA, Perguruan Tinggi dan tentunya karyawan/wati Dinas Kesehatan Kota Tegal dan UPTD Dinas Kesehatan Kota Tegal. Pada kesempatan ini, saya mendapat tugas menggunting balon berjumlah 45 buah bareng teman-teman dari 1000 balon yang disediakan. Adapun Walikota Tegal menggunting balon utama sebanyak 120 buah. Tepat jam 08.30 Walikota Tegal menggunting balon diikuti oleh kami semua yang telah diberi tugas menggunting balon pada beberapa titik yang telah ditentukan.
Setelan balon terbang ke angkasa, bunyi musik mulai terdengar menggema ke segala penjuru sebagai tanda senam akan dimulai. Alun-alunpun gegap gempita oleh suara musik menyatu dengan gerakan senam dari seluruh peserta termasuk Walikota Tegal & pejabat di lingkungan Kota Tegal.
Melalui kegiatan Pencanangan Kota Tegal Sehat 2010 yang mendapat support dari Walikota Tegal, masih ada sejumput tanya "benarkah Kota Tegal benar-benar akan menjadi sehat...?" yang ditandai dengan 4 (empat) hal yaitu : masyarakatnya mau menerapkan perilaku bersih dan sehat, meningkatnya kualitas lingkungan yang bersih dan sehat, masyarakat mandiri dalam memecahkan masalah kesehatannya dan masyarakat mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata. Tentu bukan perkara yang mudah karena beberapa PR yang masih menjadi sandungan adalah berkaitan dengan ke empat hal tersebut. Apapun itu, mudah-mudahan dengan pencanangan Kota Tegal Sehat 2010 menjadi titik balik bagi Kota Tegal untuk dapat mengkondisikan, menciptakan & meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan ke 4 (empat) pilar Tegal Sehat 2010 yaitu:
1. Terwujudnya perilaku masyarakat ke arah hidup bersih dan sehat
2. Terwujudnya peningkatan kualitas lingkungan agar tercipta lingkungan bersih dan sehat
3. Terwujudnya kemandirian masyarakat dalam memecahkan masalah kesehatan di lingkungannya
4. Terwujudnya masyarakat yang mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu secara adil dan merata.
Sebagai warga masyarakat Kota Tegal dan pelaku pembangunan , secara pribadi optimis bahwa melalui kerja keras bersama antara masyarakat, swasta dan pemerintah dengan konsep pembangunan yang terintegrasi dan berkelanjutan maka Tegal Sehat 2010 sebagai titik balik dan langkah awal menuju Kota Tegal sehat secara menyeluruh bukanlah keniscayaan. Amin.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda